Siantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas

Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar Gelar Perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-59 dengan Serangkaian Acara Kreatif

Siantar, Hari Kesehatan Nasional diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Peringatan tahunan ini bertujuan sebagai momentum untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia tentang betapa pentingnya kesehatan. Tema peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 telah dirilis melalui laman resmi Kemenkes RI. Seperti dilansir laman resminya, Kemenkes RI mengusung Tema Hari Kesehatan Nasional 2023 “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59, Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar menggelar serangkaian acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan, terutama di kalangan anak-anak dan keluarga. Acara ini menampilkan beragam kegiatan yang menyenangkan dan edukatif untuk mendorong gaya hidup sehat.

Pada hari Senin, 27 November 2023, Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar mengadakan “Perlombaan Balita Sehat” yang dihadiri oleh puluhan balita dan orang tua mereka. Lomba ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada orang tua mengenai peran penting gizi dan pola hidup sehat bagi anak-anak mereka.

Setelah kegiatan ini, diharapkan para orang tua akan lebih mengenal pertumbuhan dan perkembangan balita, mengetahui sejauh mana pertumbuhan dan perkembangan balita dan mengidentifikasi masalah pertumbuhan dan perkembangan balita. Orang tua juga dapat mengupayakan dan memanfaatkan pelayanan kesehatan bila balita mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan.

Kriteria penilaian Lomba Balita Sehat ini meliputi : 1) keadaan anak antara lain status imunisasi, status pengukuran panjang badan serta status kesehatannya; 2) keadaan orang tua balita yang meliputi pendidikan, umur, alat kontrasepsi yang dipakai khususnya bagi ibu balita dan kelengkapan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Kartu Menuju Sehat (KMS); 3) status kesehatan umum dan kesehatan gigi, tingkat perkembangan psikologi anak, serta motorik anak.

Lomba Balita Sehat diikuti oleh perwakilan bayi dan balita di 19 Puskesmas di Kota Pematang Siantar. Masing-masing Puskesmas mengirimkan satu perwakilan bayi dan balita.

Di tengah keceriaan lomba dan kompetisi, juga digelar sebuah lomba kreatif yang melibatkan para kader kesehatan. Lomba tersebut bertujuan untuk memperkenalkan menu makanan sehat dan bergizi yang dapat mencegah stunting pada anak-anak.

Acara ini dihadiri oleh puluhan kader kesehatan dari berbagai wilayah. Mereka berlomba membuat menu makanan sehat yang inovatif dan mudah disajikan untuk membantu masyarakat dalam memberikan nutrisi yang tepat guna bagi pertumbuhan anak-anak.

Setiap kader ditantang untuk menyiapkan hidangan yang terdiri dari bahan-bahan yang mudah didapat namun kaya akan nutrisi, dengan fokus pada asupan yang mampu mencegah stunting pada anak-anak usia dini. Para peserta menunjukkan keahlian mereka dalam memasak dan menyajikan hidangan sehat yang tidak hanya bergizi tetapi juga menggugah selera.

Pada hari berikutnya 28 November 2023, untuk melibatkan para pecinta masakan sehat, dilangsungkan juga “Lomba Masak Sehat”. Uniknya, peserta dari lomba ini adalah bapak-bapak atau berjenis kelamin laki-laki yang bermakna bahwa transformasi menyediakan masakan sehat tidak hanya dari ibu-ibu saja. Peserta lomba diberikan tantangan untuk membuat hidangan sehat dan bergizi yang sesuai untuk keluarga. Para peserta tidak hanya menunjukkan keahlian memasak mereka, tetapi juga menjelaskan nilai gizi dari hidangan yang mereka buat. Ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk memasukkan makanan sehat dalam menu sehari-hari mereka.

Tidak ketinggalan “Senam Transformasi Kesehatan” yang melibatkan ratusan peserta dari perwakilan Puskesmas se-Kota Pematang Siantar dan tiap bidang di Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar. Acara ini dirancang untuk memberikan wawasan tentang pentingnya rutinitas olahraga dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Gerakan senam yang sederhana namun efektif  menggugah semangat untuk menjalani gaya hidup aktif.

Selain itu kegiatan lain yang dilaksanakan untuk memeriahkan HKN Ke-59 adalah aksi donor darah. Bekerjasama dengan PMI Kota Pematang Siantar dari 59 peserta yang mendaftarkan diri, 40 orang memenuhi kriteria sebagai pendonor dan berhasil mendonorkan darahnya. Dinas Kesehatan mengundang partisipasi dari lintas sektor internal Pemerintah Kota Pematang Siantar, fasyankes dan Masyarakat umum.

“Kegiatan donor darah ini dilakukan sebagai rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional atau HKN Ke-59 Tahun 2023. Semoga kegiatan donor darah ini dapat terus dikembangkan. Terima kasih para pendonor darah semoga selalu sehat dan tetap bersemangat menolong sesama”, jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar, Drg. Irma Suryani, MKM.

Rangkaian kegiatan lain yang tak kalah menarik adalah pemeriksaan dengan metode tes Mantoux atau tuberculin skin test (TST) bagi ASN di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian penularan TBC dan percepatan eliminasi tuberculosis tahun 2028 Kota Pematang Siantar.

Drg Irma Suryani, MKM Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar, menyatakan, “Hari Kesehatan Nasional adalah momentum yang tepat bagi kita semua untuk merayakan komitmen kita terhadap gaya hidup sehat. Dengan mengadakan acara seperti ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak masyarakat untuk memahami bahwa kesehatan itu penting dan bisa dicapai melalui langkah-langkah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.”

Acara ini menerima respons positif dari peserta yang antusias dalam mengikuti kegiatan yang mengedukasi sekaligus menghibur ini. Dengan harapan bahwa semangat untuk hidup sehat akan terus ditanamkan dalam pikiran setiap individu, perayaan Hari Kesehatan Nasional ini berakhir dengan pesan kuat untuk terus memperjuangkan kesehatan sebagai aset berharga bagi kita semua. (*Yuta Nasution)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *