Siantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas

Peringatan HKN ke-59, Walikota Pematang Siantar dr Susanti Sp.A : Penguatan Layanan Kesehatan Melalui 6 Pilar Transformasi Kesehatan

Siantar, Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional yang diperingati secara nasional, Walikota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A  turut bergabung dalam acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar dan seklaigus menjadi menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Lapangan Brimob Kompi II Pematang Siantar, Kamis 30 November 2023.

Wali Kota dr. Susanti saat membacakan sambutan Menkes RI Budi G Sadikin mengatakan Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara. Kita, bangsa Indonesia, harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari middle-income trap, menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi Indonesia Emas 2045. Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu. Karenanya, tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, yaitu “transformasi kesehatan untuk Indonesia maju” mutlak kita laksanakan.

“Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan” dan “Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.” Itulah amanat UUD 1945 bagi kita. Berdasar mandat itulah, enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus kita bangun bersama dengan serius dan terus menerus.

Adapun 6 pilar transformasi kesehatan itu adalah transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transfromasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM Kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

“Terakhir, yang tidak kalah penting, transformasi kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan. Saya sering menyebutnya, pilar transformasi ke-7. Nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK wajib kita hidupi untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah, dan profesional. Harapan saya, seluruh pegawai dan pejabat Pemerintah baik di Pusat maupun Daerah dapat bekerja dengan kompeten, jujur, selaras dalam mengawal dan menyukseskan transformasi kesehatan. Mari kita bekerja dengan sungguh-sungguh.Tidak korupsi. Layani masyarakat dengan sepenuh hati,” kata susanti membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Ir Budi Gunadi Sadikin CHFC CLU.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Siantar drg Irma Suryani MKM dalam laporannya menerangkan, Kementerian Kesehatan memberikan jaminan gizi untuk penurunan stunting dan percepatan masyarakat dan peningkatan produk terhadap kesehatan masyarakat dengan peringatan HKN diharapkan transformasi kesehatan penting menuju masyarakat maju untuk menjadi momentum Indonesia 2045.

Tujuan peringatan HKN agar terwujud kesehatan yang kuratif agar para kepala daerah dan ormas mendukung pencapaian pembangunan kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan diawali dengan Senam kesegaran jasmani dilanjut dengan Upacara Peringatan HKN sosialisasi HKN dengan tema transformasi kesehatan untuk Indonesia maju.

Beberapa kegiatan HKN yang sebelumnya telah dilaksanakan seperti Aksi Bergizi di SMP dan SMA, GERMAS dan Gebyar Lansia di 8 kecamatan, seminar kesehatan, bakti sosial donor darah bekerja sama dengan PMI, dan berbagai perlombaan menarik lainnya seperti lomba senam transformasi, lomba balita sehat, lomba masak dapur stunting, lomba masak sehat oleh bapak bapak.

Acara HKN tahun ini dimeriahkan pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah, serta undian lucky draw juga ada pemeriksaan kesehatan gratis.

Turut hadir, mewakili Forkopimda, pimpinan Bank Sumut Cabang Pematang Siantar, pimpinan BPJS Kesehatan Pematang Siantar, para pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar, Wakil Direktur RSUD dr Djasamen Saragih dr Erika Silitonga, pimpinan RS Tentara Tingkat IV Pematang Siantar, pimpinan RS swasta, camat, kepala puskesmas, dan lainnya.

Berikut daftar Puskesmas, Rumah Sakit dan KlinikTerbaik dalam pencapaiannya antara lain:

  1. Puskesmas Bah Biak ; Kategori Ketepatan Pelaporan Kinerja Program DBD
  2. Puskesmas Kahean, Puskesmas Martoba dan Puskesmas Raya ; Kategori Pencapaian Indikator Nasional IR DBD <49/100.000 penduduk dan CFR <1%
  3. Puskesmas Tomuan ; Kategori Pelayanan Pengobatan HIV – Jumlah Pasien HIV Terbanyak diobati ARV di Puskesmas Berdasarkan Laporan SIHA 2.1 Tahun 2023
  4. RS. Tiara Kasih Sejati ; Kategori Pelaksanaan Testing HIV – Jumlah testing HIV Terbanyak Berdasarkan Laporan SIHA 2.1 Tahun 2023
  5. RSUD Dr. Djasamen Saragih ; Kategori Pelayanan Pengobatan HIV – Jumlah Pasien HIV Terbanyak diobati ARV di Rumah Sakit Berdasarkan Laporan SIHA 2.1 Tahun 2023
  6. Klinik Sima Husada ; Kategori Pelaksanaan  Program TB sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2021

Berikut daftar pemenang Lomba dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59 yaitu

  1. Lomba Dapur Menu Stunting ; Juara 1 Puskesmas Kahean, Juara 2 Puskesmas Martoba, Juara 3 Puskesmas Pardamean, Harapan 1 Puskesmas Rami, Harapan 2 Puskesmas Tomuan dan Harapan 3 Puskesmas Gurilla
  2. Lomba Senam Transformasi ; Juara 1 Puskesmas Martoba, Juara 2 Puskesmas Kesatria, Juara 3 Puskesmas Kahean, Harapan 1 Puskesmas Bahkapul, Harapan 2 Puskesmas Kartini dan Harapan 3 Puskesmas Bahbiak
  3. Lomba Masak Sehat Bapak Bapak ; Juara 1 Bidang yankes, Juara 2 Puskesmas Bahbiak, Juara 3 Puskesmas Karo, Harapan 1 Puskesmas Simarimbun, Harapan 2 Puskesmas Bahkapul dan Harapan 3 Puskesmas Martoba.

Berikut daftar pemenang lomba balita sehat yaitu Juara 1 balita Adam Attarazka Alfatah, Juara 2 balita Anselmus Madeboni Gultom, Juara 3 balita Kazuki Nainggolan, Harapan 1 balita Graviel Arcelio SIanipar, Harapan 2 Nathania D. Sitindaon dan Harapan 3 balita Sanaya Intan Khalisa.

(*Yuta Nasution)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *