Siantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas

Program Aksi Bergizi Dinas Kesehatan Sambut Antusiasme Remaja Putri di Kota Pematang Siantar

Siantar, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Hal ini tertuang dalam Instruksi Presiden No 1 Tahun 2017 sebagai kebijakan dalam pembudayaan Germas.

Aksi Bergizi dan Pelaksanaan GERMAS sebagai bentuk Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat juga merupakan upaya pencegahan dan penurunan stunting. Data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022 menunjukkan angka prevalensi Stunting di Indonesia masih berada pada 21,6%. Salah satu faktor penyebab anak stunting adalah anemia pada remaja dan ibu hamil yang dapat dicegah secara dini dengan rutin mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD).

Untuk itu Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar mengadakan Aksi bergizi di sekolah yang melibatkan 200 orang remaja putri. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 24 November 2023 bertempat di SMA Negeri 4 Kota Pematang Siantar ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini kepada masyarakat dan para siswi sekolah/remaja putri mengenai pentingnya melaksanakan perilaku hidup sehat dan minum tablet tambah darah sebagai upaya pencegahan anemia.

Program ini melibatkan serangkaian kegiatan, mulai dari penyuluhan gizi, pemeriksaan kesehatan, hingga kegiatan olahraga yang terencana. Program ini disambut dengan antusiasme yang tinggi dari remaja putri. Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan interaktif, mulai dari sesi diskusi tentang pentingnya nutrisi, pemeriksaan kesehatan hingga praktik olahraga yang menyenangkan.

Melalui kegiatan aksi bergizi Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran akan gizi yang sehat dan gaya hidup yang seimbang di kalangan remaja putri. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi kebiasaan makan yang lebih baik dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya kesehatan bagi generasi masa depan dan diharapkan agar masyarakat dapat melakukan kegiatan secara terpadu sehingga terwujud budaya GERMAS dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan pembudayaan Germas secara rutin dan berkelanjutan. (yuta_nasution)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *